kasihmura.com
|
Profil G+ Profil Facebook Profil twitter profil Youtube rss feed comment feed
Headlines News :
Home » » Tahun 2050 Suasana di Bawah Tanah Belanda Akan Amat Penuh

Tahun 2050 Suasana di Bawah Tanah Belanda Akan Amat Penuh

Written By Suwar sono on 19 Desember 2010 | 11.36

TAHUN 2050 suasana di bawah tanah Belanda akan amat penuh. Pipa-pipa saluran, jalan tol bawah tanah, kabel-kabel tegangan tinggi, bangunan dan gedung parkir di bawah tanah, kereta, saluran air panas dan dingin, penyimpanan CO2, dan lain-lain. Pokoknya semua terjadi di bawah tanah.

Padahal saat ini bawah tanah Belanda sudah penuh. Saluran gas, produksi air minum dan situs penemuan obyek-obyek arkeologi bertubrukan satu sama lain. Supaya semua kegiatan itu dilakukan dengan benar didirikanlah SKB, Stichting Kennisontwikkeling en Kennisverspreiden Bodem, atau Yayasan Diseminasi Pengetahuan dan Tanah.

Soal pengaturan di bawah tanah, Belanda, yang terkenal sebagai negara penuh peraturan, ternyata tidak punya aturan ruang bawah tanah yang jelas. Dan bukan pilihan yang tepat membiarkan begitu saja bawah tanah Belanda. 

"Kami ingin kualitas hidup tertentu, oleh karena itu kami semua butuh energi. Bawah tanah punya fungsi yang penting. Misalnya, jika kami perhatikan, awalnya tujuan adanya energi adalah untuk pasokan. Jadi, yang dibutuhkan adalah energi yang cukup. Lalu setelah itu baru dipikirkan tentang energi yang awet. Sehingga apa pun yang dilakukan tidak akan ada efek lagi," ujar Direktur SKB Frank Agterberg.

Selain persediaan energi itu, masih banyak alasan mengapa tidak ada pilihan lagi selain tetap mempergunakan lahan di bawah tanah. Di dalam kota tidak ada cukup ruang lagi untuk infrastruktur ekstra. Kereta, metro dan gedung-gedung parkir harus di bangun di bawah tanah. Jalan tol tidak boleh mengurangi persediaan lajur hijau di kota yang masih sangat jarang. Di kota Maastricht dan Utrecht solusinya adalah semua dibuat di bawah tanah. 

Di luar pusat kota, tempat luar biasa seperti Groene Hart atau jalur hijau yang terkenal di empat kota besar di Belanda, tidak boleh dihilangkan. Karena itulah terowongan HSL sepanjang tujuh kilometer dibangun. Jika suatu saat nanti terdapat tempat penyimpanan CO2 besar, maka itu adalah ladang gas bumi. Yang tersimpan jauh di bawah tanah dan berada aman di sana. 

KEHIDUPAN
Secara bersamaan, masih sedikit sekali diketahui apa pengaruh campur tangan manusia terhadap kehidupan di bawah permukaan tanah. Perusahaan Bioclear sibuk membangkitkan energi ramah lingkungan dengan bantuan energi dari bawah tanah, namun dengan cara; semaksimal mungkin tidak menganggu kehidupan di bawah permukaan tanah. 

"Lebih dari 95% diversitas bio di bumi terdapat di bawah permukaan tanah. Banyak hal terjadi sampai 10 km di bawah tanah," demikian Direktur Sietze Koening, menjelaskan.
Salah satu tujuan terpenting dari Yayasan Diseminasi Pembangunan dan Tanah adalah menciptakan peraturan khusus. Yuris prudensi untuk kasus sekitar tanah di bawah permukaan tanah akan dikurangi, dan seseorang atau satu instansi akan mengambil alih tugas untuk menentukan dengan tepat siapa yang memiliki bawah tanah.

Arno Peekel dari SKB, menjelaskan, topik ini akan digali terus sampai dalam. Tanah Anda adalah milik Anda kecuali di beberapa situasi tertentu. Jika tetangga Anda memutuskan untuk membangun sesuatu di bawah tanah Anda, untuk menggunakan air tanah misalnya. Ia juga dapat menggunakan air tanah di bawah tanah Anda.

Contoh tadi dapat memberikan efek yang luar biasa. Misalnya jika dua gedung perusahaan yang bersebelahan berinvestasi besar-besaran di WKO (tempat penyimpanan air panas dan dingin di bawah tanah). Ada kemungkinan pasokan energi panas satu perusahaan merusak instalasi perusahaan sebelah yang justru hanya ingin menyimpan air dingin.

Yuris prudensi juga penting karena intervensi di bawah permukaan tanah umumnya adalah ketetapan. Misalnya jika pembangunan terowongan HSL merusak air tanah di daerah sekitarnya, petani di daerah itu tidak punya hak menuntut. Lebih parah lagi, mereka tidak bisa menuntut pada seseorang secara spesifik, mengenai hal ini. 

Namun bagaimana pun juga, dan walau pun masih amat tidak jelas, dalam beberapa dekade mendatang Belanda akan menjadi negara tiga dimensi.
Dengan menggunakan julukan dari Arno Peekel, negara ini akan menjadi keju berlubang. Walau kedengarannya aneh, ini adalah bisnis yang bagus dan kita memang tidak bisa hidup tanpa tanah kita.
Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dikabarkan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger