Kejahatan Cyber Crime di Asia ada Diindonesia

Nusa Dua: Beberapa kejahatan cyber crime yang terjadi di beberapa negara di kawasan ASEAN selama ini dikendalikan dari Indonesia.
“Beberapa waktu lalu, beberapa pejabat di China mengalami kerugian miliaran rupiah korban teknologi dunia maya. Dan kasus tersebut dikendalikan orang China yang ada di Indonesia terutama mereka yang tinggal di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya,” ujar Kabareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Sutarman di Nusa Dua, Bali, Rabu (12/10).
Dari penyelidikan yang dilakukan, Polri menangkap 178 warga negara China yang ada di Indonesia sebagai pelaku kejahatan dunia maya. Korban terbanyak berasal dari China dan Taiwan. Ratusan orang tersebut akhirnya berhasil di deportasi ke China dan Taiwan selama 2010.
“Tahun ini, Polri juga sudah menangkap 50 pelaku kejahatan dunia maya dengan modus yang sama dan semuanya sudah dideportasi,” tambahnya.
Keberhasilan tersebut mendapatkan apresiasi dari beberapa negara di kawasan Asia terutama China. Akibatnya, Indonesia saat menjadi leader untuk berbagai kasus yang berhubungan dengan dunia maya.
Menurut Sutarman, hingga saat ini seluruh negara di kawasan ASEAN belum memiliki cyber crime law yang memadai. Padahal, korban kejahatan dunia maya tersebut sudah sangat banyak dan secara material banyak yang menderita kerugian luar biasa.

Dikabarkan Dari
BAGIKAN PRINT
Kejahatan Cyber Crime di Asia ada Diindonesia - Written by Unknown , Published at 19.58, Categorized As cyber crime , kriminal . And Have 0 comments

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. DIKABARKAN. Powered by Blogger