Planet Jupiter Disebut Juga Bintang Natal

Bagi umat kristiani, bintang natal dipercaya sebagai pertanda dari kelahiran Yesus. Bintang tersebutlah yang membawa tiga pria yang disebut “Para Majus” untuk datang ke Yerusalem menemui Raja Herodes dan mempertanyakan kelahiran Yesus yang mereka anggap sebagai Raja Yahudi. Bintang tersebut masih menjadi misteri hingga saat ini, namun ada yang beranggapan jika bintang natal itu adalah supernova dan ada juga yang mengatakan bahwa bintang natal itu adalah komet. Berusaha untuk memecahkan misteri tersebut, baru-baru ini ahli astronomi dari BBC dan kontributor Discovery News Mark Thompson baru-baru ini berusaha untuk memberi jawaban.
Dari data sejarah astronomi yang telah diteliti oleh Thompson, ia percaya jika Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya itu adalah kunci untuk menjawab misteri tersebut. Thompson menemukan adanya tiga konjungsi yang terjadi antara September 3 SM hingga Mei 2 SM. Tepatnya, ketiganya terjadi pada 14 September 3 SM, 17 Februari 2 SM, dan 8 Mei 2 SM.

Konjungsi yang dimaksud adalah kondisi ketika dua benda langit terlihat berdekatan satu sama lain. Pada saat konjungsi yang dimaksud Thompson, Jupiter tampak berdekatan dengan Regulus, bintang tercerlang di konstelasi Leo. Pada saat konjungsi itu, Jupiter tampak bergerak ke arah timur melewati Regulus, sebelum akhirnya berbalik arah melewati bintang itu kembali. Gerakan tersebut dikenal dengan gerakan retrogade.

Karena bumi memiliki periode orbit lebih cepat dari Jupiter, maka manusia akan merasa bumi mendahului Jupiter. Sementara, Jupiter sendiri akan tampak berubah arah selama beberapa minggu, sebelum akhirnya kembali bergerak ke arah timur. Perubahan arah itulah yang mungkin dilihat dan menjadi tanda bagi Para Majus. “Gerak retrogade berarti planet bergerak ke arah barat. Jadi, mungkin Para Majus telah mengikutinya dari Persia,” kata Thompson. Thompson melanjutkan, “Dengan unta, perjalanan akan memakan waktu tiga bulan. Dan yang menarik, jangka waktu tersebut kurang lebih sama dengan lamanya Jupiter bergerak ke arah barat.”
BAGIKAN PRINT
Planet Jupiter Disebut Juga Bintang Natal - Written by Unknown , Published at 17.20 . And Have 0 comments

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. DIKABARKAN. Powered by Blogger