Kriminalitas di Medan Semakin Terus Meningkat

Medan sebagai kota metropolitan ke tiga setelah Surabaya dan Jakarta sangat tinggi kriminalitasnya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor.  Di antaranya karena pola pikir yang ingin mendapatkan sesuatu secara instan. Maka orang cenderung berbuat nekat, apalagi menyangkut urusan perut.

Sosiolog  Universitas Sumatera Utara (USU), Badaruddin, mengatakan pola pikir instan biasanya timbul lantaran kemiskinan, kesenjangan sosial, dan tingkat pendidikan yang rendah. Maka dari itu, pemerintah harus segera meningkatkan kesejahteraan rakyat, terutama dalam peningkatan lapangan pekerjaan.

"Untuk memberantas tindak kriminal, pemerintah harus tegas dan konsisten dalam menegakkan hukum. Jangan ada tawar menawar hukum, namun kenyataannya hukum masih bisa ditawar, sehingga tidak membuart orang jera,” tandas Badaruddin, tadi malam.

Sementara itu, psikolog Khairtati, mengatakan banyak pelaku kejahatan yang hukumannya dianggap tidak sebanding dengan kejahatan yang mereka lakukan, sehingga tidak ada rasa takut untuk melakukan kriminal berikutnya.

"Aspek dasar kehidupan manusia itu, di antaranya kebutuhan fisiologis yang mendasar, seperti makan, pangan, dan kebutuhan biologis, Selanjutnya kebutuhan penghargaan, adanya aktualisasi diri bagaimana seseorang merasa mendapatkan penghargaan atas apa yang dia lakukan," ujar Badaruddin.
BAGIKAN PRINT
Kriminalitas di Medan Semakin Terus Meningkat - Written by Unknown , Published at 09.33 . And Have 0 comments

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. DIKABARKAN. Powered by Blogger