12% Pendapatan Facebook Berasal dari Zynga

DIKABARKAN | Jakarta - Facebook mengakui ketergantungannya terhadap pelanggan tunggal, Zynga Inc. Zynga adalah penyedia permainan jejaring sosial yang berbasis di San Francisco. Tercatat hingga November 2011, permainan Zynga digunakan sekitar 200 juta pengguna Facebook.

Dalam dokumen sebelum peluncuran saham perdana, Facebook melaporkan bahwa 12 persen pendapatannya berasal dari Zynga. Di jejaring sosial Facebook, Zynga memiliki sejumlah permainan unggulan dengan jutaan pemain, seperti Mafia Wars, CityVille, dan Farmville. Mereka pun sudah go public dengan menjual saham sebelum Facebook pada Desember 2011.

Dengan total pendapatan Facebook sebesar US$ 3,7 miliar, bisa diterjemahkan bahwa setidaknya Zynga menyetor US$ 444 juta ke Facebook Inc. Jumlah tersebut tidak termasuk pendapatan Facebook yang diterima dari memasang iklan di sebagian besar halaman permainan Zynga. Padahal, menurut Appdata.com, setiap hari permainan Zynga menarik sekitar 56 juta pemain.

Bagi Facebook, Zynga adalah aset sekaligus liabilitas potensial. "Kami baru-baru ini memperoleh pendapatan signifikan dari kerja sama dengan Zynga, dan jika kami tidak mampu menjaga kerja sama ini, keuangan kami mungkin terganggu," kata salah seorang pekerja Facebook.

Zynga pun tak mau hanya Facebook yang mengeruk keuntungan dari kreativitas mereka. Perusahaan ini berencana memperluas usahanya di luar Facebook.

Salah satu alasannya adalah jejaring sosial dengan 845 juta pengguna aktif ini mengenakan biaya retribusi 30 persen untuk penjualan semua barang virtual yang menggunakan aplikasi Facebook, termasuk Zynga.

Pada Oktober 2011, Zynga membuka tujuan baru bagi penggemarnya untuk bermain di luar Facebook. Salah satunya, Zynga mulai merayu Apple dan Google Android. Tapi, untuk saat ini, status hubungan Facebook dan Zynga adalah tetap "menyukai" satu sama lain.
BAGIKAN PRINT
12% Pendapatan Facebook Berasal dari Zynga - Written by Z , Published at 11.22, Categorized As Ekonomi Bisnis . And Have 0 comments

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. DIKABARKAN. Powered by Blogger